Senin, 26 Maret 2012

Umat Hindu Gelar Upacara Wisuda Bumi

  • Umat Hindu Gelar Upacara Wisuda BumiLihat Foto

    Umat Hindu Gelar Upacara Wisuda Bumi

  •  Liputan6.com, Boyolali: Dengan berjalan kaki dari Pura Buana Suci Saraswati, Desa Ngaru-aru, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, baru-baru ini, ratusan pemeluk Hindu menuju mata air Umbul Sungsang Pengging sembari membawa sebuah bambu. Hujan yang turun saat pengambilan air suci tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap berjalan kaki menempuh jarak sekitar dua kilometer.

Sesampai di Kompleks Umbul Sungsang Pengging, upacara Wisuda Bumi diawali dengan doa bersama seluruh anggota umat. Ritual ini dilakukan dengan makna memohon izin kepada Yang Maha Widi untuk keselamatan dunia dan seisinya.

Pengambilan air suci dilakukan dengan menggunakan wadah berupa bambu yang sudah dibungkus dengan kain putih, langsung dari mata air Umbul Sungsang. Sebagian mata air yang diambil umat langsung dipercikkan dan diminum kepada umat yang hadir dalam upacara Wisuda Bumi.

Menurut Pindanditha Sutarta, rohaniwan Hindu, air suci yang diambil dari mata air Umbul Sungsang ini akan dibawa ke Candi Boko Prambanan digabung dengan air suci dari berbagai daerah.(ANS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar