Rabu, 22 April 2015

Dana haji tahun 2015 turun drastis, ini rinciannya

 

Reporter : Laurel Benny Saron Silalahi | Rabu, 22 April 2015 16:43

 

Dana haji tahun 2015 turun drastis, ini rinciannya

Jamaah haji. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, resmi mengumumkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahun 2015. Dari hasil pembahasan antara Komisi VIII DPR dan pemerintah, biaya haji tahun ini turun dari tahun sebelumnya.
Lukman mengatakan, besaran dana haji tahun ini adalah sebesar USD 2.717 atau menurun sebesar USD 502 dari tahun 2014.
"Kita bersyukur bahwa panja dari komisi VIII dan Menteri Agama telah menyepakati bahwa besaran dana haji tahun ini adalah sebesar USD 2.717 atau sebesar Rp 33.962.500. Saya rasa nilai itu cukup efisien dan rasional," kata Lukman saat ditemui usai rapat dengan Komisi VIII DPR, di Gedung DPR, Rabu (22/4).
Dia memastikan, penurunan BPIH tahun ini tidak mempengaruhi sistem pelayanan kepada pada jemaah haji. Menurutnya, pemerintah justru berusaha meningkatkan kualitas pelayanan, dengan memberikan rute baru penerbangan yang langsung menuju ke kota Madinah.
"Penurunan ini tidak akan berdampak pada kualitas pelayanan haji kepada Jemaah. Misalkan, untuk tahun ini penerbangan menuju kota suci Mekkah, akan langsung ke kota Madinah. Kalau sebelumnya itu kan melalui Jeddah dulu baru ke Madinah. Ini kan membuat tenaga para jamaah terkuras," paparnya.
Lukman menambahkan, selain efisiensi waktu penerbangan menuju tanah suci, pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Saudi Arabia akan mengurangi pemondokan para jemaah yang ada di sana.
"Yang terakhir adalah soal pemondokan di sana. Kalau sebelumnya ada 12 titik hotel yang kita sepakati di sana, kini akan kita perkecil menjadi 6 titik agar mudah memantau para jemaah," tandasnya.

[rnd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar