Selasa, 24 April 2012

Lansia Perlu Banyak Konsumsi Serat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gizi adalah zat yang terkandung di dalam makanan yang diperlukan untuk kehidupan manusia yang terdiri dari 3 sumber atau fungsi untuk sumber tenaga, zat pembangun dan pengatur dan bertujuan untuk mempertahankan fungsi tubuh, menjaga kesehatan dan bahagia di hari tua.
Nah, menu untuk lansia, tidak bisa diperlakukan sembarangan. Perlu penyusunan menu pada lansia secara seimbang. Tujuannya mempertahankan fungsi tubuh, menjaga kesehatan dan bahagia di hari tua.
Inilah menu-menu yang tepat untuk dikonsumsi para lansia :

- Menu hendaknya mengandung zat gizi dari beraneka ragam bahan makanan yang berdiri dari zat tenaga, zat pembangunan dan zat pengatur.
- Makanan sebaiknya mengandung serat dalam jumlah yang besar seperti buah dan sayuran, zat besi (bersumber kacang-kacangan hati, daging, bayam atau sayuran hijau).
- Membatasi penggunaan garam.
- Makanan sebaiknya mudah dikunyah.
- Perlu diperhatikan oleh porsi makanan.
- Lebih dianjurkan untuk mengelola makanan dengan cara dikukus, direbus dan kurangi makanan yang digoreng.
Sementara itu, untuk zat atau keperluan sehari-hari, yang diperlukan adalah :
- Sumber tenaga yang diperoleh dari padi-padian, umbi. Berfungsi sebagai pemberi energi atau tenaga untuk kegiatan manusia.
- Zat pengatur bisa kita dapatkan dari sayuran dan buah-buahan yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap serangan penyakit.
- Zat pembangun bisa didapatkan dari protein hewani maupun nabati seperti kacang-kacangan, susu, keju. Fungsinya untuk regenerasi sel-sel yang akan mati berganti dengan sel-sel baru.
- Serat dan air. Menghambat proses pencernaan di dalam usus sehingga perolehan energi menjadi berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar